SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TANJUNG BARU, KECAMATAN BAHAR SELATAN, KABUPATEN MUARO JAMBI, PROVINSI JAMBI.

Artikel

sejarah desa

03 Mei 2022 17:01:33  SUTIYONO  66 Kali Dibaca 

SEJARAH DESA

         Sebelum menjadi desa Devintif, Desa Tanjung Baru adalah salah satu dari UPT (UNIT PEMUKIMAN TRANSMIGRASI) tahun penempatan 1992, adalah merupakan penempatan kali pertama di UPT ini masuk dalam wilayah Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, dan merupakan UPT yang ke sebelas dari UPT sebelumnya, sehingga pada awal berdirinya Desa Tanjung Baru, disebut dengan UPT Sungai Bahar 11, UPT Sungai Bahar11 berbeda dari UPT yang berada di Sungai Bahar karena terbagi menjadi dua SP yaitu SP 3 dan SP 4. dan pada saat itu dipimpin oleh seorang KUPT (KEPALA UNIT PEMUKIMAN TRANSMIGRASI), menjelang dibentuknya Pemerintahan Desa.

         Setelah terbentuknya Pemerintahan Desa wilayah SP 3 dan SP 4  tergabung menjadi Desa Serentak Bak Regam, SP 4 menjadi Pusat Pemerintahan, Desa Tanjung Baru merupakan pemekaran dari desa Ujung Tanjung, SP 3 merupakan salah satu Dusun Wilayah Desa Ujung Tanjung. Seiring waktu dan semakin Pesatnya perkembangan Penduduk dan jauhnya Pusat Pemerintahan Desa, maka untuk kemudahan pelayanan Masyarakat dan Pemerintahan, Tokoh-Tokoh Masyarakat mengaggap sudah selayaknya Dusun Serentak Bak Regam dimekarkan menjadi Desa.

       Pada Tahun 2009 Bupati Muaro Jambi meresmikan Desa Tanjung Baru yang dituangkan dalam PERDA NO.03 Tahun 2009, oleh karena Letak Wilayah berada disekitar Desa yang Namanya memakai Tanjung, maka diberi Nama Desa Tanjung Baru.

       Pada Tahun 2009 PJS Kepala Desa dijabat oleh Ibu JumiatiI, Kemudian pada Tahun 2010 diadakan Pemilihan Kepala Desa yang Pertama dan yang dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Desa Periode 2010-2016 adalah Bapak SUTRISNO.

Kemudian Pada Tahun 2016 sebelum masa Jabatan Bapak Sutrisno Habis, Pemerintahan Desa dipimpin oleh PJS Bapak Admun sampai Tahun 2017.

dan pada Tahun 2017, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang II dilaksanakan dengan terpilihnya Bapak  Muslaidi sebagai Kepala Desa Terpilih Periode Tahun 2018 sampai Tahun 2023.

      Desa Tanjung Baru adalah salah Satu Desa yang berada di Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Desa Tanjung Baru secara Letak geografis merupakan suatu Wilayah Berbukit serta Bertanah Lempung Kuning Berpasir sehingga sangat cocok untuk Perkebunan serta Pertenakan.

      Dilihat dari Sosial Budaya, Penduduk Desa Tanjung Baru mayoritas beragama Islam, sebagian besar Penduduk Bermata Pencarian sebagai Petani atau Pekebun, dan Pemilik Kebun Kelapa Sawit, sisanya berprofesi sebagai Peternak, Pedagang, Pegawai Negri Sipil, Guru Honorer, dan sebagai Buruh.

Beberapa Program Pemerintah dibidang Pendidikan yang sudah ada dan sudah berkembang, adalah Sarana seperti Sekolah-Sekolah, Kelompok Bermain seperti PAUD,TK,SD dan Madrasah Diniyah.

      Perkembangan dalam bidang Keagamaan ditingkat Dusun sudah cukup berkembang, hal tersebut terlihat dari adanya TPA, Masjid, Musholla, Majlis Ta'lim dan kegiatan Keagamaan lainnya. dibidang Perekonomian sebagian besar Pendapatan Masyarakat Desa Tanjung Baru, berasal dari Kebun Kelapa Sawit, yang merupakan Produk unggulan Nasional Komoditas Export, Sedangkan Bidang Kesehatan beberapa Warga Desa Tanjung Baru berprofesi dan Bekerja sebagai Tenaga Medis, selain itu di Desa Tanjung Baru juga sudah ada Puskesmas Pembantu, Polindes dan Posyandu. walaupun pada Kenyataannya Masyarakat masih banyak yang Berobat keluar Desa karena Pelayanan yang ada masih belum Memadai.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

Peta Desa

 Statistik

 Pemerintah Desa

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:60
    Total Pengunjung:8.965
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.99.209
    Browser:Tidak ditemukan